Selasa, 18 Maret 2014

Penyebab Cyber Crime

Di jaman sekarang ini, fenomena cyber crime makin marak dan banyak sekali faktor yang melatarbelakangi kasus cyber crime, dimana hampir terjadi di setiap bidang atau ruang lingkup kehidupan manusia dan di setiap faktor. Dari mulai faktor sosial, ekonomi, perbankan, teknologi, politik, dll. Beberapa faktor utama yang menyebabkan timbulnya cyber crime itu sendiri adalah:
  1. Kurangnya sosialisasi atau pengarahan baik dari akademi umum seperti sekolah atau edukasi dari orang tua mengenai manfaat dari internet, sehingga banyak penyalahgunaan yang terjadi.
  2. Semakin maju sebuah negara, tapi tidak diimbangi kesejahteraan masyarakatnya, maka makin besarnya kemungkinan kesenjangan sosial terjadi.
  3. Makin maraknya sosial media, media elektronik, dan media penyimpanan virtual (cloud), sehingga membuat manusia menjadi makin tergandrungi akan akses internet didalam kehidupannya.
  4. Gaya hidup.
  5. Kelalaian daripada manusianya itu sendiri.
  6. Adanya keinginan pengakuan dari orang lain.
  7. Kian majunya teknologi dan mudahnya mengakses jaringan internet anytime anywhere tanpa ada batasan waktu.
Beberapa contoh kasus, misalkan saja kasus penyadapan yang dialami oleh kepala negara dan beberapa negara serta beberapa staff atau menteri-menteri dari negara tersebut yang terjadi belum lama ini dialami oleh Indonesia, Timor Leste, Rusia, serta Jerman dimana pihak Amerika, Perancis, Australia, Inggris dan selandia baru melakukan penyadapan dengan berbertujuan untuk memata-matai untuk mendapatkan informasi dari negara tersebut, hal ini dampak dari kian majunya teknologi dan akses internet yang tanpa batas, namun bagi Indonesia sendiri ditakutkan bahwa adanya kepentingan politik dari kasus penyadapan ini, karena penyadapan ini terjadi ketika tahun politik akan berlangsung (pemilu), menurut beberapa pengamat, dikhawatirkan adanya titipan-titipan asing di tahun pemilu ini sehingga pihak asing dapat dengan mudah mengambil alih Indonesia dengan kepentingan mereka.
Adanya keinginan pengakuan dari orang lain. Contoh ketika kita berada di sebuah komunitas atau kelompok IT yang bergerak dalam aktivitas hacking, terkadang kita menginginkan kemampuan kita untuk bisa diakui di kelompok tersebut sehingga menghalalkan segala cara untuk melakukan aktivitas hack bahkan tak jarang menjurus ke cracking dengan sengaja dan menyusup ke dalam jaringan sistem komputer penting pada sebuah negara. Misalnya jaringan komputer badan intelejen negara, mencuri data kemudian mensharing ke yang lain. Dengan contoh kasus tersebut, kita ingin membuktikan bahwa kemampuan yang kita miliki lebih hebat daripada anggota di kelompok tersebut, dan ingin mendapatkan pengakuan walau bagaimanapun juga itu sebenarnya resikonya sangatlah besar.
Pengaruh sosial media. Banyak kasus kian maraknya perkosaan anak muda jaman sekarang, dengan modus penculikan yang disebabkan karena perkenalan mereka dengan seseorang yang hanya mereka kenal dari dunia maya. Kejadian seperti ini bisa kita jumpai pada anak muda jaman sekarang yang mana mempunyai pergaulan luas serta ingin eksis dikalangan teman-temannya. Namun karena kurangnya pengawasan orang tua dan sikap lugu serta sikap polosnya mereka, kasus ini pun kian marak terjadi akhir-akhir ini terutama ketika era sosial media semakin berkembang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar